Header image

JAM 09.00 pagi, selepas minum kopi, kami beranjak menuju salahsatu dermaga kecil di Sungai Kapuas. Langit masih tampak seperti hari sebelumnya. Kelabu. Tak tampak warna biru. Di dermaga kecil itu sudah terparkir beberapa sampan kecil.

Warga menggunakan sampan untuk menyeberang. Sekali jalan sekitar dua hingga lima ribu rupiah. Sampan menjadi salahsatu alat transportasi warga. Di pesisir Kapuas banyak rumah berdiri di atas air sungai. Untuk masuk ke pemukiman warga, mesti menggunakan sampan. Melewati jembatan-jembatan kecil. Menyusuri gang sungai. (more…)

Inilah sepeda motor yang telah menemani 4.000 km lebih ekspedisi kami. Honda WIN 100 cc bekas yang dimodifikasi jadi trail. Buatan tahun 2004 (Yunus) dan 2000 (Gaban). Melintasi aspal hotmix, sungai, bukit, jalan tanah serta naik kapal rotan, kapal sayur, feri penyeberangan, kapal perintis.

Motor Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa

(more…)

Silakan download kartu Iedul Fitri 1430 H Zamrud Khatulistiwa

Senja di Linau, Bengkulu

Pelangi di Pegunungan Leuser, Aceh

Kartu-kartu lain klik (more…)

Saya suka warna dan teksturnya. Bunga jengger ayam (Celosia cristata) banyak ditemukan di berbagai daerah Indonesia, dengan berbagai warna. Di Pulau Nias (Sumatra Utara) saya temukan warnanya pink dan berbunga lancip, sementara di Singkawang (Kalimantan Barat) berwarna merah maroon dengan bunga menggumpal mirip bunga soka.

Jengger Ayam Singkawang

(more…)

Terumbu karang di Pulau Kabung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, masih terhitung bagus meski tempat lalu lalang kapal motor masyarakat. Letaknya di lepas pantai Singkawang. Penduduknya mayoritas suku Bugis yang merantau dan menetap di sini. Mereka nelayan, membangun bagan-bagan, menjaring ikan teri, sotong, dan ikan-ikan lebih besar. Pulau ini juga dikenal sebagai produsen ikan teri kering untuk kawasan singkawan dan sekitarnya.

(more…)

Oleh Ahmad Yunus

Pulau Natuna terletak di bagian paling utara kepulauan Riau. Pulaunya eksotik. Pasirnya putih sepanjang pesisir pulau. Airnya jernih. Gunung Ranai yang hijau menghadap laut. Geliat warga terlihat di sepanjang pesisir. Khususnya di Ranai yang menjadi jantung ibukota pulau ini.

Masjid Raya Natuna yang terlalu mewah itu

(more…)

Oleh Ahmad Yunus

Ernest Hemingway, seorang novelis, menulis sebuah kisah ciamik tentang pergulatan seorang lelaki tua dan laut. Novel ini mengisahkan tentang gejolak bathin dan fisik manusia tentang makna sebuah perjalanan hidup. Laut memberikan makna yang luas, kehidupan alam sejati. Tanpa aturan. Tanpa tapal batas.

(more…)

Terkenal sebagai pulau industri dan kawasan perdagangan bebas, Batam dan pulau-pulau sekitarnya di Riau (Provinsi dengan 2.000 pulau lebih), sebenarnya juga mengandung potensi wisata yang bagus.

(more…)